Senin, 28 Maret 2011

Hubungan Ilmu Lingkungan dan Ekologi

Ilmu lingkungan menekankan kajiannya pada faktor edafik (seperti faktor fisiko, kemis, dan biologis) atau faktor biotik dan abiotik yang mempengaruhi kehidupan organisme. Sedangkan ekologi menekankan kajiannya pada autekologi dan sinekologi.
Autekologi (autecology), yang disebut juga dengan istilah ideologi atau ekologi spesies, adalah kajian tentang hubungan timbal balik antara individu organisme atau spesies tertentu secara kolektif dengan lingkungannya.
Sinekologi (synecology) atau ekologi komunitas adalah kajian tentang hubungan timbal balik antara individu organisme atau spesies tertentu dengan organisme yang hidup bersamanya. Sinekologi meliputi hubungan intraspesifik dan interspesifik.
Hubungan intraspesifik (socioecology) adalah kajian tentang hubungan timbal balik antara organisme yang satu dengan yang lain dari spesies yang sama. Sedangkan hubungan interspesifik (coenology) adalah kajian tentang hubungan timbal balik antara organisme yang satu dengan yang lain dari spesies yang berbeda.

A.     Pengertian Ekologi
Biologiwan Jerman, Ernest Haeckel (1866) menciptakan istilah ekologi dari dua kata Yunani: oikos berarti rumah atau tempat tinggal, dan logos berarti studi, kajian, ilmu. Jadi ekologi adalah kajian tentang organisme di dalam rumahnya.
Definisi yang lebih formal, ekologi adalah kajian tentang struktur dan fungsi alam; atau kajian tentang hubungan antara organisme dengan totalitas factor fisik dan biologis yang membentuk lingkungan; atau kajian tentang hubungan antara sesama organisme (synecology), dan antara organisme dengan lingkungan fisik dan biologisnya (autecology).
Ekologi dikaitkan hanya dengan 5 (lima) level organisasi, yaitu: organisme (individu), populasi, komunitas, ekosistem (ecology system), dan ekosfer atau biosfer.
  1. Organisme


Organisme adalah makhluk yang mempunyai ciri-ciri metabolisme, tumbuh, gerak, dan reproduksi. Individu adalah setiap organisme tunggal.
Semua organisme terdiri atas bermacam-macam spesies. Setiap spesies mempunyai susunan materi hereditas yang berbeda dengan spesies lain.
Setiap anggota spesies secara potensial dapat/mampu mengadakan perkawinan dengan anggota lain dari spesies yang sama, tetapi secara normal tidak dapat kawin dengan anggota spesies yang berbeda.
<<<Mungkinkah terjadi perkawinan antara Kucing (Felis domestica) dengan Harimau (Felis tigris) ???>>>
2.Populasi
Populasi adalah kelompok individu yang sejenis, yang dapat mengadakan interbreeding dan menempati area tertentu, pada waktu tertentu.
3.Komunitas
Komunitas adalah kelompok organisme yang terdiri atas sejumlah jenis yang berbeda, yang secara bersama-sama menempati habitat atau area yang sama, dan terjadi interaksi melalui hubungan trofik dan spatial.
Setiap organisme dan populasi dalam komunitas alamiu memiliki habitat dan niche.
Habitat adalah tempat atau komunitas organisme hidup, tumbuh, dan berkembang secara alami. Habitat mempunyai variasi ukuran yang sangat luas, dari hutan samapai usus rayap.
Niche (relung) adalah peran ekologis suatu spesies dalam komunitas atau deskripsi peran total struktur dan fungsi spesies di dalam ekosistem.
Analogi umum: habitat = “alamat” dalam ekosistem; sedangkan niche = cara menempatinya, atau cara hidup = “jabatan”.
Sementara area adalah keseluruhan distrubusi geografis suatu takson; atau bentang lahan, atau daerah yang ditempati oleh komunitas atau grup lain.

4. Ekosistem
Ekosistem adalah komunitas alami yang berinteraksi satu sama lain, dengan faktor fisik dan kemis seperti energi matahari, temperatur udara, angin, kelembaban udara, air, tanah, dan sebagainya.
Ekosistem juga didefinisikan sebagai unit fungsional yang meliputi komponen biotik (tumbuhan, hewan, dan manusia) dan komponen abiotik (lingkungan fisiko-kemis) dari area spesifik. Oleh karena itu, untuk menyebutkan suatu ekosistem harus disebutkan juga area spesifiknya.

5. Ekosfer/ Biosfer (Ekosistem Global)
Ekosfer adalah bagian bumi tempat semua organisme hidup berada dan berinteraksi; atau bagian bumi dan atmosfer yang dapat menunjang kehidupan organisme.
Ekosfer terdiri atas: atmosfer (udara), hidrosfer (perairan/ lautan), dan lithosfer (daratan/ tanah).

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. TRIMAKASI, MATERINYA SANGAT MEMBANTU SAYA DALAM MEMAHAMI BIOLOGI PADA UMUMNYA,,

    By, BOGAR IKNATIUS MALAK

    BalasHapus