Senin, 21 Maret 2011

PENGETAHUAN LINGKUNGAN



A. Pengertian Lingkungan
Ada beberapa definisi mengenai lingkungan sebagai berikut:
  1. Menurut Miller (1986), Lingkungan adalah kumpulan atau sejumlah kondisi eksternal yang mempengaruhi kehidupan individu organisme atau populasi.
  2. Menurut Lincoln (1985), Lingkungan adalah kondisi fisik, kemis, dan biologis di sekitar organisme pada waktu tertentu.
  3. Lingkungan adalah totalitas faktor: edafik, klimatik, dan biotik, serta kondisi lain yang secara langsung membentuk habitat organisme (Lincoln, 1985) 
>> Faktor Edafik
Faktor edafik adalah sifat fisik, kemis, dan biologis, tanah atau substratum yang mempengaruhi asosiasi biota. Sifat fisik dan kemis yang cukup penting adalah: tekstur, kesuburan, nutrien, mineral, pH, tempat akar, air, aerasi, dan temperatur. Faktor edafik juga diartikan sebagai suatu konsep yang menganggap bahwa tanah sebagai tempat hidup bagi tumbuhan atau organisme di dalamnya.

>> Faktor Klimatik
Faktor klimatik adalah sejumlah aspek kondisi cuaca yang mempengaruhi biota suatu area. Faktor klimatik meliputi: cahay matahari (kualitas, intensitas, dan durasi), temperatur udara, kelembaban udara, angin, curah hujan, dan interaksi antarfaktor tersebut.

>>>>>>> to be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar